Rabu, 12 September 2012

0 cheat harvest moon


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!


Hadiah : di Chapter 3, ia akan memberimu Sheet Music (jika kamu tidak menikahinya).
Jadwal : (lihat Bagian kencan)
SEBASTIAN
Pelayan Romana ini cukup ramah dan merupakan teman Romana sejak kecil. Ia sangat menyukai Romana dan menyimpan foto masa kecil Romana.
Tempat Tinggal : Villa
Kesukaan : Butter, Clay Artifacts, Crystals, Cheese, Eggs, Milk, Skulls
Jadwal : Bisa ditemui di kamarnya, ruang tamu Villa, halaman Villa, dan jalan depan Villa
PATRICK
Saudara kembar Kassey yang bekerja sebagai pembuat kembang api. Ia berpakaian warna biru dan suka minum di Blue Bar.
Tempat Tinggal : Firework’s House
Kesukaan : Flowers, Coins, Crystals
Jadwal : jika tidak berada di rumahnya, ada dihalaman rumah. Malam hari ada di bar sampai jam 9 malam baru kembali ke rumah.
KASSEY
Saudara kembar Patrick yamg juga membuat kembang api. Ia berpakaian warna hijau dan lebih sering berada dirumahnya.
Tempat Tinggal : Firework’s House
Kesukaan : Flowers, Coins, Crystals
Jadwal : Ada dirumah atau di halaman rumah
TIM
Pria yang sering berkeliling dunia dan menetap di Forget Me-Not Valley ini membuka penginapan bersama istrinya yang pintar memasak yaitu Ruby dan anaknya Rock.
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Eggs, Flowers, Fruits, Cheese, Punch, Sashimi, Butter, Milk, Goat Milk, hasil penggalian di Dig Site
Hadiah : Stange Hoe (pergi ke kamarnya pada jam 8 pagi)
Jadwal : ada di dalam Inner Inn, kamarnya, atau di kebun dekat Inner Inn
RUBY
Istri Tim yang jago memasak ini membantu suaminya mengurus penginapan
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Butter, Curry, Grapes, Gratin, Crystals, Flowers, Milk, Tomato
Hadiah :Ruby’s Spice (pergi ke dapur Inner Inn saat ruby berada di dalamnya, sekitar jam 2 sore). Hadiah ini sangat berguna jika kamu menikahi nami.
Jadwal : Berada di kamar Nami pada pagi hari jam 9 – 10, sore hari ada di dapur Inner Inn, kadang juga ada di halaman Inner Inn atau dikamarnya.
ROCK
Anak dari Tim dan Ruby ini merupakan anak yang tidak betah berada dalam rumah. Ia sering berkeliling desa sehingga pasti bisa kamu temui jika kamu menjelajah desa. Kadang kamu juga bisa menantangnya minum susu di dapur Inner Inn waktu malam hari.
Tempat Tinggal : Inner Inn
Kesukaan : Bunga Mist Moon, Fodder, Coins, Mushroom/Jamur seperti Huckberry, Kracken, Matsutake, Toadstool, juga Human Statue dari penggalian
Jadwal : Rock selalu suka berjalan keliling desa jadi pasti kamu bisa menemuinya jika sering keluar rumah. Ia bangun diatas jam 11 siang dan baru pulang kerumah diatas jam 12 malam.
MURREY
Pengemis yang tidak punya tempat tinggal. Ia lebih sering berada di Spring dan jembatan atas sungai. Ia juga sering mencuri makanan di Food Storage milikmu saat musim dingin jika kamu tidak berlatih anjingmu dengan baik. Ia berasal dari Po-Po Valley menurut pengakuannya.
Tempat Tinggal : Spring
Kesukaan : Semua yang bisa dimakan kecuali makanan dari ikan
Jadwal : selalu berada di spring dan jembatan atas sungai Vesta’s Farm
GUSTAFA
Pria yang ramah dan berpakaian aneh mirip pemain sirkus ini merupakan seorang seniman musik. Karena banyak sekali alat musik dirumahnya, ia juga suka bernyanyi.
Tempat Tinggal : Bard’s House
Kesukaan : Flowers, Curry, Mushroom Curry, semua benda dari penggalian
Hadiah : ada 2 jenis hadiah yang bisa kamu terima darinya yaitu Strange Sickle (kunjungi rumahnya di awal chapter sekitar pukul 10 pagi), dan sati set Drums (gendang), baru bisa diterima setelah menikah, dapatnya di chapter 3.
Jadwal : Baru bangun jam 9 pagi, setelah itu ada di depan rumahnya kemudian pergi menuju spring
GRIFFIN
Bartender di Blue Bar yang tidak pernah kelihatan beranjak dari bar nya. Saat tidak bekerja, ia berada dalam kamarnya
Tempat Tinggal : Blue Bar
Kesukaan : Coins, Crylstals, Fish, Mist Moon Flowers, Trick Blue Flowers, Sashimi, Golden Egg
Jadwal : berada dalam Bar atau kamarnya

GALEN

Pria tua yang sudah lama menetap di desa bersama istrinya ini sangat kehilangan istrinya yang meninggal di Chapter 2. bantulah Galen menyikat kuburan istrinya untuk bertemu dengannya.
Tempat Tinggal : Rumah dekat Blue Bar saat bersama istrinya, rumah di Grave Hill di chapter 2 dan selanjutnya
Kesukaan : Apples (semua grade/rank), Fish (Semua Jenis ikan), Fish Stew, Sayuran grade S
Hadiah : Saat Chapter 2, jika kamu berteman baik dengan Galen maka ia akan memberimu Fishing Pole G (kunjungi Galen di Grave Hill pagi-pagi sekali atau malam hari saat ia masuk rumah)
Jadwal : Saat Chapter 1 pagi hari sampai jam 12 siang ada di dekat Villa, sore hari di sekitar Vesta’s Farm, diatas jam 8 malam ada di rumah. Saat chapter 2 dan selanjutnya lebih sering berada di sekitar Vesta’s Farm.
NINA
Istri Galen ini sering sakit-sakitan sehingga di Chapter 1 sering diperiksa oleh Dr, Hardy ini meninggal saat di Chapter 2. Arwahnya akan senang jika kamu menyikat batu nisannya dalam mini games.
Kesukaan : Flowers, Milk
Jadwal : Hampir mirip dengan Galen tapi Nina sudah berada di rumah jam 7 malam.
VAN
Pria berbaju merah dan bertubuh gendut ini hanya bisa ditemui tiap tanggal 3 dan 8 saat ia berjualan di desa ini samping Inner Inn. Kamu bisa menjual tanaman liar dan hasil galian yang tidak bisa dijual oleh Takakura.
Kesukaan : Egg, Curry, Hasil Penggalian
Jadwal : tiap tanggal 3 dan 8, pagi hari ada di Dig Site, sinag jam 12 ato jam 1 membuka toko di samping Inner Inn, setelah jam 6 sore ada di halaman Villa.
CODY
Pria yang kelihatannya tidak bersahabat ini berkebangsaan jepang dan berkulit hitam terbakar sinar matahari ini sebenarnya orang yang ramah.
Tempat Tinggal : Artist’s House
Kesukaan : Bones, Eggs, Flowers, Crystals
Hadiah : Painting/Lukisan di Chapet 2 atau sebelumnya yang akan ia pasang di Living Room atau Dapur, juga Red Sickle (sabit merah)
Jadwal : Cody sering berada di halaman rumahnya tapi jika tidak ada biasanya ia ada di Turtle Swamp, pada tanggal 3 dan 8 ia juga berkunjung ke spring.
DR HARDY
Dokter yang berpakaian putih dengan senter di kepalanya ini sangat peduli pada kesehatan penduduk desa sehingga akhirnya ia pindah ke desa. Raut wajahnya cukup menyenangkan tapi seperti Cody, ia pria yang ramah dan baik hati. Ia pindah saat Chapter 2.
Tempat Tinggal : Rumah samping rumah Grant (Bekas rumah Galen) saat Chapter 2.
Kesukaan : Bones, Fish, Flowers
Hadiah : Weird Sickle (sabit bekas operasi yang diberikan jika kamu mengunjunginya jika berteman baik dengannya)
Jadwal : pada chapter 1 kamu bisa menemui dokter ini pada tanggal 3 dan 8 saat ia datang memeriksa Nina & Galen di pagi hari sekitar jam 8 dan setelah itu berada di halaman Villa memeriksa Romana. Pada Chapter 2 Dr. Hardy pindah ke rumah yang dahulu ditempati Galen dan kamu bisa menemuinya di rumah.
MUKUMUKU
Makhluk besar mirip beruang putih yang hanya ada di Spring saat musim Winter. Tidak berbahaya dan bisa menerima hadiah.
Tempat Tinggal : Spring
Kesukaan : Flowers (semua bunga), Fish, Eggs

Disini saya akan memberitahu anda cara gampang mendapatkan uang secara bertahap dari tahun ke tahun, karena memang tidak bisa langsung untuk mendapatkan uang yang banyak. Saya akan menjelaskan dari year 1, year 2, dan year 3 atau lebih.
  • Year 1
Di tahun pertama kamu tidak usah terlalu bernafsu atau terlalu terfokus untuk menghasilkan uang. Di tahun ini yang kamu butuhkan adalah penanaman modal untuk tahun-tahun berikutnya. Penanaman modal kalian adalah:
1.        Belilah bibit pohon pisang sebanyak 5 buah. kemudian tanamlah bibit tersebut di lahan ke dua disamping kanan kandang ayam di musim semi (yang memiliki petak lebih sedikit). Sirami setiap hari.
2.        Cara menanam pohon akan saya jelaskan di TIPS 1.
3.        Belilah bibit turnip sebanyak 49 buah dan strawberry sebanyak 5 buah.
4.        Tanamlah bibit turnip di lahan pertama dengan cara satu baris ditanami, baris berikutnya tidak, lalu satu baris ditanami, berikutnya tidak. (ini memudahkan anda dalam penyiraman tanaman). Jangan lupa menanam turnip di musim panas.
5.        Tanamlah bibit strawberry di musim gugur di lahan ke dua
Yang harus kalian lakukan di Year 1 adalah:
1.        Perahlah susu sapi milikmu
2.        Sayangi binatang-binatangmu, belilah sikat dari Van dan sikatilah ternak-ternakmu. Sekali-kali anda juga harus memandikannya
3.        Bertemanlah dengan semua orang. Khususya orang yang akan kamu nikahi (ada 4, yaitu: Celia, Muffy, Nami, dan Lumina. Cara mendapatkan dan sifat mereka dapat anda lihat disini), Van (supaya barang yang kamu beli lebih murah dan barang yang kamu jual bisa kamu mahalkan), Cody (karena akan memberimu kura-kura. Penjelasannya bisa dilihat disini), Vesta dan Marlin (untuk mendapatkan Weird Hoe dan Raccoon), Takakura, Romana, Sebastian, Carter, Flora, Wally (agar dia memberimu Wool Clippers) dan Daryl (agar dia memberimu Seed Maker)
4.        Jangan jual tanaman hasil panenmu (turnip dan strawberry), simpan saja di tasmu (rucksack), jangan di food storage karena akan dicuri Murrey
5.        Beli pancingan di Van dan mancinglah di Turtle Swamp. Salah satu penghasilanmu disini adalah memancing. dapatkan Yamame dan Arna (kalau bisa Huge Yamame dan Huge Arna). Jual hasil mancingmu ke Van
6.        Jangan jual susu sapimu. Berikan saja susu sapimu ke orang lain. Tetapi kalau susu sapimu memiliki Grade S, sebaiknya kamu jual di Van
7.        Belilah Kambing seharga 4000g, jika kamu temannya Van, kamu bisa meminta discount dan kambingnya akan dijual seharga 1200g
8.        Dapatkan Seed Maker dari Daryl
9.        Dapatkan Weird Hoe dari Vesta dan Marlin
10.     Tanamlah Watermelon di musim semi, ini juga salah satu penghasilanmu di Year 1
11.     Pergilah ke dig site dan menambanglah disana (dapatkan tablet C untuk diberikan ke Carter). Menambang juga salah satau penghasilanmu
12.     Panen setiap bunga yang tumbuh di sekitarmu untuk diberikan kepada orang yang ingin kamu nikahi
13.     Belilah Kolam (Suapaya kamu mendapatkan bebek)
14.     Dapatkan hewan peliharaan baru seperti Kuda dan Raccoon (tetapi di akhir tahun kalau anda berteman dengan Cody maka ia akan memberimu kura-kura. Penjelasannya bisa anda lihat disini)
Itu adalah hal-hal yang kalian perlu lakukan di Year 1, Year 1 adalah tempat penanaman modal yang hasilnya bisa kamu petik di year-year berikutnya. Tenang saja, dengan menjual hasil pancinganmu, Semangka, dan hasil tambang atau mungkin susu Grade S, kamu akan mendapatkan banyak uang. Tetapi kalau misalnya kalian tidak begitu kaya, tenang saja. Di Year bberikutnya dijamin karakter anda bakal KAYA SEKALI.

TIPS 1:
1.        Jangan Menanam Pohon anda setelah anda menanam tumbuhan tak berpohon. Karena tumbuhan yang anda tanam akan mati
2.        Jangan Menanam pohon saling berhimpitan, berilah jarak satu petak dari satu pohon ke pohon yang lainnya (pohon anda bisa mati jika saling berhimpitan)
3.        Jangan menanam pohon berhimpitan dengan tumbuhan lainnya yang tidak berpohon. (Tumbuhan tak berpohonmu akan mati)
4.        Anda tidak usah menyirami pohon anda ketika pohonnya sudah besar (Sudah tidak dapat tumbuh lagi karena sudah mentok)
  • Year 2
Melalui hasil panen, dan pertemanan yang sudah anda lakukan di Year 1 akan membuat kehidupan anda di Year 2 menjadi lebih mudah.

Yang Harus Kalian lakukan di Year 2 adalah:
1.        Tanamlah tumbuhan apapun yang kamu mau, terserah kalian. (yang penting jangan sampai penuh, sisakan 1 lahan atau 2-3 baris petak jika kamu menanam pohon)
2.        Dapatkan Tartan dan bertemanlah dengannya
3.        Perah susu sapi dan kambingmu (Saya harap di tahun ini anda sudah bisa mendaptakn susu sapi Grade S)
4.        Jual sebagian susu sapimu dan sebagiannya lagi diberikan kepada orang lain
5.        Dapatkan Kucing dari Romana
6.        Dapatkan Strange Sickle dari Cody (Penjelasan yang lebih lengkap dapat anda lihat disini)
7.        Dapatkan Weird Sickle dari Dr. Hardy (Penjelasan yang lebih lengkap dapat anda lihat disini)
8.        Dapatkan record dari Sebastian, Carter, Griffin, Patrick atau Cassey, dan Muku muku (di musim salju)
9.        Di tahun ini tempat anda menentukan akan jadi apakah anakmu.
10.     Di musim panas, jangan jual pisang-pisangmu. masukkan ia ke dalam Seed Maker. Tunggu 2 hari ambil dan masukkan lagi. Dan jual bijinya kepada Van.
11.     Dapatkan tablet D di digsite
12.     Belilah mainan anakmu dari Van.
13.     Dapatkan Wool Clippers dan Gold medal dari Wally
14.     belilah Food Processing Room
15.     Hybridize Strawberry + Turnip sebanyak 21 kali akan menghasilkan 20 Dhibe seed dan 1 Strawberry Seed. Tanam Dhibe Seed itu di musim gugur.
16.     Memasaklah salad dengan bahan turnip saja sebanyak 29 kali (Light Pickles). Dan masaklah dengan apa saja (jangan turnip dan strawberry-mu) sebanyak 3-5 kali. Harus berhasil, ini untuk membuka Dessert, Entree, dan Main dish
17.     Panen buah Dhibemu dan memasaklah Dhibe Cake dengan bahan Dhibe +milk +egg sebanyak 10 kali. 10 lainnya masukkan ke seed maker untuk ditanam di tahun berikutnya. dan 10nya bisa kamu jual ke Van, harga Dhibe Cake 2040/potong.
18.     Anda harus tetap memancing. jika dapat selain Big dan Huge mending simpan saja untuk diberikan ke Mukumuku. (Penjelasan lebih lengkap bisa anda lihat disini)
TIPS 2:
1.        Ketika kamu meng-hybrid hasil panen anda, pertama kali memang gagal. Jangan mengganti urutan hybrid anda (seperti yang saya contohkan Dhibe seed = Strawberry + Turnip. Ingat strawberry harus pertama). Jika yang 1 gagal, lakukan lagi dan hubrid akan berhasil
  • Year 3 dan untuk Year seterusnya
Bagaimana, berapa sisa uang kalian di Year 2??? Pasti ada sekitar 20000g-an bukan? Di Year 3 ini anda akan mendapatkan uang sekitar 100000g atau lebih.

Yang Harus anda lakukan di Year 3 dan seterusnya adalah:
1.        Di tahun ini, anda sudah tak perlu lagi mati2an memberi barang untuk orang lain untuk diajak berteman, katrena ditahun ini adalah tahunmu, tahun dimana kamu bisa fokus terhadap pertanianmu. Belilah 20 biji semangka, dan tanamlah itu. Jika sudah berbuah, terserah anda mau melakukan apa. tapi saya sarankan masukkan semangka tersebut ke seed maker.
2.        Dapatkan necklace dari flora untuk diberikan ke anakmu
3.        Dapatkan shhet of music dari Romana untuk diberikan kepada anakmu
4.        Jangan lupa panen pisangmu dan masukkan ke seed maker
5.        Perahlah susu sapimu dan masukkan ke cheese/butter maker untuk menghasilkan harga yang lebih baik. (Di tahun ini, susu anda minimal sudah Grade S). Lakukan hal ini 2x sehari. Jadi dalam sehari anda bisa mendapatkan 4 Good Butter seharga 300 g/360 g
6.        Tanamlah 20 dhibe seedmu di musim gugur, jika sudah berbuah, ambil 10 dan memasaklah Dhibe Cake menggunakan buah tersebut. 10 lainnya, masukkan lagi ke seed maker.
7.        Belilah Milking room jika uangmu sudah cukup
8.        Dapatkan tablet E di year 3, Tablet F di year 4, dan tablet G di Year 5
9.        Dapatkan Cihuahua di year 6
10.     Di year 3, adalah tempat dimana kamu mengasah skill anakmu (penjelasan lebih jelas disini)
11.     Jualah Dhibe Cake-mu ke Van
12.     Memancinglah, dan dapatkan Huge Yamame atau Huge Sharshark (penjelasan lebih jelas disini)
13.     Lakukan hal-hal yang dapat menghasilkan uang yang sama seperti yang kamu lakukan di Year 1 dan Year 2
14.     Enjoy your Life... Dan nikmati masa tuamu
15.     == PERNIKAHAN ==
Dalam permainan ini, tokoh utama harus menikah. Seperti yang sudah disebutkan pada postingan sebelumnya, ada 4 gadis yang bisa dinikahi; MUFFY, CELIA, NAMI, LUMINA.
Pencantuman nama itu aku urutkan berdasarkan tingkat kemudahan dalam hal pedekate-nya (halah !) Jadi, menarik perhatian Muffy lebih mudah daripada Lumina.
16.     Untuk menarik perhatian mereka, kita harus sering menyapa dan memberikan barang-barang kesukaannya. Daftar barang kesukaan mereka sudah dimuat di postingan sebelumnya (pt. 1)
17.     Ada 2 syarat utama untuk mengajak gadis menikah:
Pertama: memiliki Bulu Biru (blue feathers). Kedua: sang gadis tentu saja harus menyukai kita dong.. *ya iyaaaaalah !*
18.     Bulu biru akan diperoleh dari kurcaci-kurcaci Harvest. Sering-seringlah mengunjungi tempat kurcaci dan menyapa mereka. Suatu saat mereka akan datang memberikan bulu biru. Simpan dulu bulu biru itu, kelak berikan pada gadis yang ingin dinikahi.
19.     Untuk mengetahui tingkat interest para gadis, kita harus memeriksa diary mereka, disana ada icon hati yang akan menunjukan perasaannya.
Jika icon hati masih berwarna hijau.. artinya perjalanan masih panjang :lol:
Jika icon hati berwarna merah.. artinya mulai ada harapan.
Icon hati itu akan berjumlah 4 buah pada tingkat maksimal. Jika sampai dengan akhir tahun pertama kita belum melamar salah satu gadis, maka salah satu dari mereka akan datang melamar kita, dan jika ditolak maka game-over *tidak pake dukun, hihihihiii..*
So far aku sudah pernah menikahi ke-3 gadis kecuali Lumina !
Pedekate ke Lumina memerlukan waktu yang banyak, karna obrolan dengan dia panjang-panjang; selain itu rumahnya jauh pula ! Cuapeeee deh …
20.     Kalau anak kita sudah besar, ia akan membantu kita mengurusi peternakan dan perkebunan. Karakter anak kita berbeda-beda, tergantung ibunya *ya iyaaaaalah !*
21.     == RESEP MAKANAN ==
Macem-macem resep makanan bisa diperoleh dengan cara menjelajahi setiap sudut rumah orang, dan mengamati setiap sudutnya itu.
Ini hal paling antik menurut aku. Bayangin aja, kita bisa seenak udel berkeliaran dirumah orang, ha ha ha ..
Daripada buang waktu nyariin resepnya, nih aku kasih resep yang udah berhasil aku temukan.
22.     Salad
Tomat + Melon = Salad Tomamelo.
Tomat + Wortel = Salad Tomakya
Ikan + Mugwort + Turnip = Salad Marinade
Ikan + Mugwort + Tomat = Salad Marinade
Telur + Tomat + Gretoma = Delicious Salad !
2 jenis buah-buahan + tomat juga bisa jadi salad. Yang ini aku temukan karna salah masukin item, tau-tau jadi salad… he he he…
23.     Soup
Sweet potato dapat menghasilkan Kansho Soup.
Tomat + Wortel = Tomatoma Soup
Kentang + Wortel = *nama sup-nya lupa, tapi bergizi-lah !*
24.     Entree
Ikan saja.
2 jenis sayuran + mentega = Fried Veggie
Kentang + Wortel + Turnip = Smooth Veggie
Strobery + Mentega + Telur = Strawberry pie
25.     Main Dish
Ikan + Mentega
Kentang + Wortel + bumbu Ruby = Curry
Telur + Mentega = Omelet
26.     Dessert
Campurkan 3 jenis buah-buahan = *lupa namanya*
Mentega + susu + telur = pancake
Wortel + susu + telur = cake
2 jenis buah-buahan + susu = Fruit punch
Tomat + susu + telur = Veggie cake
27.     Diawal permainan, kita hanya bisa membuat Salad dan Soup saja.
Untuk memunculkan pilihan masakan lainnya, kita harus sering mencoba resep masakan.
Mentega dan keju diperoleh dengan cara mengolah susu, kita harus memiliki mesin pembuat mentega dan keju – harganya cukup mahal.
28.     Makanya aku suka sekali main game ini karna harus konsisten dalam menjalankan aktivitas. Ternak & perkebunan diurus dengan benar akan menghasilkan duit yang banyak.
Dapat menghasilkan masakan yang bervariasi akan meningkatkan kehidupan sosial kita, karena makanan itu bisa kita berikan ke tetangga.
29.     Perkebunan adalah hal paling asik dan melelahkan. Pada tahun ke-3 (kalau tidak salah) kita dapat membeli lahan yang lebih luas, jadi bisa ditanami bermacam2 tanaman.
Dan jika sudah kenal Tartan (
lihat pt. 1) maka kegiatan berkebun akan sangat menyenangkan

0 komentar:

Posting Komentar